Press "Enter" to skip to content

10 Cloverfield Lane, Cerita Sederhana Yang Sangat Intens

 

Setelah sukses menyutradarai film Star Wars : The Force Awakens, kini J.J Abrams kembali disibukan dengan menjadi produser dari film 10 Cloverfield Lane. Film ini adalah sebuah film fiksi ilmiah dan juga thriller psikologi tentang terperangkapnya seorang wanita dalam rumah bunker.

Film ini dimulai dengan adegan pertengkaran antara Michelle (Mary Elizabeth Winstead) dengan kekasihnya yang bernama Ben. Mereka bertengkar melalui telpon dan kemudian Michelle pun memutuskan untuk pergi dari rumah. Dalam perjalanan ia mengalami kecelakaan dan mobil yang ia kendaraipun terpental hingga menembus pembatas jalan.

Saat sadar, Michelle mendapati dirinya berada di sebuah bunker bawah tanah. Ia diselamatkan oleh seorang pria cukup tua berbadan gemuk yang bernama Howard (John Goodman) yang mengaku seorang mantan angkatan laut Amerika Serikat.

Dalam bunker tersebut juga terdapat seorang pria muda bernama Emmet (John Gallagher). Merasa ketakutan tinggal didalam bunker tersebut, Michelle mencuri kunci milik Howard da berusaha kabur. Namun saat tiba didepan pintu ia melihat seorang wanita tua yang ingin masuk kedalam bunker tersebut dengan kondisi wajah yang sudah rusak.

Michelle mengurungkan niatnya untuk kabur, ia percaya akan cerita Howard bahwa bumi sedang diserang oleh makhluk aneh dan udara diluar sana sudah terkontaminasi.

Namun saat sedang memperbaiki penyaring udara bunker tersebut. Michelle mendapati beberapa kebohongan dari Howard mengenai kisah hidup Howard. Michelle kembali berusaha untuk kabur dari bunker tersebut dan menyelamatkan diri.

adegan 10 cloverfield lane. sumber : empireonline
adegan 10 cloverfield lane. sumber : empireonline

Cerita film ini dibangun dengan psikologi thriller yang sangat intens hanya dengan tiga orang karakter, dan kemudian film ini diakhiri dengan horor fiksi ilmiah tentang makhluk asing yang menyerang bumi.

Film ini memiliki cerita yang sederhana namun dikemas dengan luar biasa. Tiga orang yang tinggal bersama dalam bunker saling membangun kepercayaan karena rumor mengenai diserangnya bumi ditambah lokasi syuting yang terlihat hanya dilakukan dalam satu rumah.

Tokoh Howard pun di plot menjadi seorang psikopat yang tenang, jika seorang psikopat biasanya bertingkah cukup nyentrik dengan dandanan yang kadang juga norak. Sedangkan Howard hanyalah seorang kakek-kakek gemuk bergaya dandy yang tenang dengan pistol di pinggangnya.

Michelle pun juga adalah tokoh yang luar biasa, ia cepat bereaksi dan mampu berfikir untuk menyelamatkan diri tanpa perlu diplot sebagai manusia super. Begitupun dengan Emmet, pria yang mudah percaya terhadap Howard namun kemudian ia menjadi tokoh pendukung dalam penyelamatan diri Michelle.

Tidak ada yang berlibahan dalam penokohan maupun jalan cerita. Namun dengan segala kesederhanaannya, film ini justru memberi ketegangan dalam setting ceritanya yang sama sekali tidak terasa membosankan.

Meskipun film ini dibangun dengan cerita psikologi thriller namun cukup banyak adegan ‘bersahabat’ dan menyenangkan yang terjadi dalam bunker tersebut. Interaksi antar ketiga tokoh ini juga terasa hidup tak hanya sekedar saling curiga, namun mereka juga sempat mengalami fase saling bersenang-senang, dan saling percaya layaknya keluarga yang sama-sama bertahan hidup.

Film 10 Cloverfield Lane ini merupakan film debut dari sutradara bernama Dan Trachtenberg. Film ini diperankan oleh John Goodman sebagai Howard, Mary Elizabeth Winstead sebagai Michelle, dan John Gallagher sebagai Emmet. Film ini tayang di bioskop mulai Rabu, 6 April 2016.

Ini bukanlah film sequel dari film Cloverfield yang tayang pada tahun 2008, namun bisa dikatakan ini merupakan ‘saudara’ dari film Cloverfield karena memiliki tone film dengan suasana film yang sama namun eksekusi yang berbeda.

Our Score  (9,5/10)

 

Judul                     : 10 Cloverfield Lane
Produksi              : Bad Robot Productions
Produser             : J.J Abrams dan Lindsey Weber
Sutradara            : Dan Trachtenberg
Pemain                : John Goodman, Mary Elizabeth Winstead, dan John Gallagher

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.