Press "Enter" to skip to content

Allied, Film Stylish Yang Berakhir Chick-Flick

Allied sebagai sebuah film thriler romantis yang bersetting pada tahun 40an dimana perang dunia kedua tengah berlangsung, menampilkan dengan sebuah kemasan yang stylish, cantik, dan juga elegan.

Berlatar dengan kota Casablanca tahun 40an di Maroko membantu sentuhan klasik pada film Allied ini, ditambah lagi dengan cerita tentang agen mata-mata. Yang menarik adalah film ini banyak dihiasi pengambilan gambar adegan yang luar biasa, mulai dari menunjukan tokoh melalui pantulan cermin, juga adegan romantis didalam mobil yang kemudian ditutup oleh badai pasir. Tak hanya itu, setiap tokoh dalam film ini selalu tampil dalam balutan elegan dan trendy yang sesuai dengan jamannya.

Hal-hal tersebut benar-benar membuat kemasan film ini secara tampak gambar merupakan sebuah film yang tentunya stylish, cantik, dan elegan.

Namun sayangnya kemasan indah rupawan yang ditampilkan film ini tidak diimbangi dengan jalan cerita yang menarik. Cerita film ini dari awal seperti mudah ditebak, namun bisa jadi hal ini bukanlah masalah utama. Salah satu yang disayangkan dari cerita film ini adalah ketegangan yang dibangun di awal film dengan kemasannya yang berbalut aksi thriler tapi malah kemudian ditutup oleh kisah cinta ala film-film FTV remaja.

Max Vatan (Brad Pitt) adalah sorang agen rahasia militer Inggris, ia ditugasi untuk membunuh duta besar Jerman. Setibanya di Maroko ia menyamar menjadi sepasang suami istri bersama seorang agen asal Perancis bernama Marriane Beausejour (Marion Cotillard).

Dalam upaya membunuh duta besar Jerman, Max Vatan berusaha keras untuk berlatih berbicara bahasa Perancis dengan logat Parisien. Perjalanan Max Vatan dan Marriane Beausejour dalam membunuh salah seorang petinggi Jerman dikemas dengan aksi thriller yang menegangkan, dan tak jarang ada dialog mendalam diantara kedua tokoh tersebut yang semakin memperlihatkan kedekatan emosi yang akan terbangun kedepannya.

allied
adegan film Allied. foto : Paramount

Berawal dari menikah pura-pura, kini mereka menjadi sepasang suami istri dan hidup bahagia di kota London bersama seorang putri mereka yang lahir ketika terjadi serangan udara. Marriane Beausejour berhenti sebagai agen mata-mata, dan Max Vatan masih bekerja sebagai anggota militer Inggris.

Marriane Beausejour dalam film ini adalah seorang tokoh yang sangat penting. Meskipun tokoh Max Vatan diperankan oleh aktor sekelas Brad Pitt, namun pesona Marion Cotillard yang memerankan seorang agen rahasia Perancis yang berparas cantik mampu memberikan kesan yang lebih kuat ketimbang Max Vatan.

Dan entah apapun yang sedang terjadi antara Brad Pitt dan Marion Cotillard baik dalam film ataupun kehidupan nyata, Marion benar-benar tampil mempesona dan membuat kita tidak mampu memikirkan aktris lain yang bisa menggantikannya sebagai seorang famme fatale dalam film ini, mulai dari tatapan, gestur, hingga aksen Prancisnya yang seksi.

Plot cerita baru kembali dimulai ketika militer Inggris mencurigai Marriane Beausejour sebagai mata-mata Jerman yang menyamar sebagai agen rahasia dari Perancis. Seperti kisah cinta pada umumnya, Max Vatan tidak percaya dan berusaha mencari tahu tentang jati diri istrinya, namun dilain sisi ia tetap mencintai istrinya dan berusaha menolongnya.

allied
adegan film Allied. foto : Paramount

Meskipun plot cerita kedua dari film ini lebih mirip cerita-cerita cinta FTV yang dikemas lebih klasik dengan latar Perang Dunia 2, beruntunglah bahwa film ini dimainkan oleh dua a-list aktor. Sehingga cerita yang dikemas dalam film ini tetap mampu menyentuh penonton meskipun sudah terlihat jelas bagaimana kisah film ini kedepannya.

Tidak ada yang spesial memang dengan ceritanya. Namun film ini juga tetap memperlihatkan beberapa hal yang perlu dipuji yakni dalam masalah cinematografi dan juga tampilan busana.

Film ini banyak memperlihatkan pengambilan gambar yang menarik, seperti mengambil gambar tokoh melalui pantulan kaca, lalu juga ada kontak mata yang terjadi antar karakter utama yang sering diperlihatkan, dan yang paling menarik adalah dalam adegan bercinta dalam mobil di padang pasir, bagaimana kamera kemudian keluar dari mobil dan membuat efek badai pasir yang menghalangi mobil tersebut, seolah memperlihatkan bahwa hubungan Max Vatan dan Marriane sudah terkunci.

Kostum adalah sebuah hal yang sangat penting dalam film berlatar sejarah seperti Perang Dunia misalnya. Setiap karakter yang muncul dalam film Allied ini selalu tampil elegan dan trendi sesuai dengan masa tersebut. Ditambah atitude penokohan dari setiap karakternya, setiap tokohnya terlihat klasik dan elegan.

Meskipun memiliki jalan cerita yang tidak terlalu luar biasa dan juga alurnya yang mudah ditebak, namun Allied dikemas dengan baik sehingga film ini tetap terlihat stylish, cantik, dan elegan.

 

Our Score (7/10)

 

Judul                     : Allied
Produksi              : GK Films dan Image Movers
Produser              : Graham King, Steve Starkey, dan Robert Zemeckis
Sutradara            : Robert Zemeckis
Pemain                 : Brad Pitt, Marion Cotillard, Jared Harris, Simon McBurney, Lizzy Caplan

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.