Press "Enter" to skip to content

Angry Birds Movie, Sebuah Film Yang Casual

 

Sudah cukup banyak film yang merupakan adaptasi dari game mulai dibuat, sebut saja Prince of Persia, Tekken, dan Resident Evil. Tahun ini ada dua film blockbuster yang merupakan adaptasi game yakni Assassin’s Creed dan Warcraft.

Ditengah mulai banyaknya game yang diadaptasi menjadi film, muncul juga salah satunya Angry Birds Movie yang merupakan adaptasi dari game Angry Birds.

Film Angry Birds Movie ini terbilang unik. Film ini bukanlah film live-action seperti adaptasi game lainnya yang diperankan oleh manusia, Angry Birds Movie adalah sebuah film animasi.

Angry Birds Movie adalah sebuah film animasi komedi garapan sutradara Clay Caytis dan Fergal Reilly. Film ini bercerita tentang Pulau Burung, sebuah pulau yang damai dan dihuni oleh para burung. Disana hiduplah Red, seekor burung merah yang pemarah.

Red memiliki emosi yang tidak stabil, karena emosinya yang tidak stabil, kepala Pulau Burung menghukum Red untuk ikut kelas emosi.

Suatu hari datanglah perahu besar yang dikendarai oleh para Babi, para Babi ini ingin menjalin hubungan baik dengan Pulau Burung. Kemudian para Babi ini menjalin hubungan diplomasi dengan pulau burung salah satunya adalah mengajarkan berbagai hal yang biasa dilakukan para Babi kepada para Burung seperti salah satunya adalah party.

Suatu malam, saat para Burung sedang asik berpesta, para Babi mencuri seluruh telur burung yang ada di pulau tersebut dan kemudian kabur ke Pulau Babi. Para Burung kemudian sadar mereka telah ditipu. Dipimpin oleh Red, para Burung kemudian berusaha untuk mengambil kembali telur mereka.

Angry Birds Movie
Angry Birds Movie. gambar : engadget.com

Yang menarik perhatian dari para Babi ini adalah, mereka sempat menjelaskan bahwa kehidupan para Babi yang menjadi pemera antagonis ini adalah suka party, kehidupan tersipilisasi, memiliki pemerintahan, dan pemakan telur.

Akibat sikap dari para Babi tersebut, wilayah para Burung yang masih terbelakang harus mengalami kehancuran. Lembut, tenang, santai, dan pelan dalam menggambarkan sebuah keadaan sosial tanpa meninggalkan humor-humor dalam cerita.

Angry Birds Movie adalah film komedi animasi dengan cerita yang sangat ringan. Kita hanya perlu duduk dan menonton tanpa banyak berpikir untuk menikmatinya. Film yang cocok dengan target pasar film ini yakni anak-anak.

Angry Birds Movie
Angry Birds Movie, The Pigs. gambar : angrybirds.wikia

Ada sebuah hal lain juga dari Angry Birds Movie ini dibanding film adaptasi game lainnya. Selain film ini berformat animasi, film ini adalah film yang casual, tidak berat. Berbeda dengan film adaptasi game lainnya dimana memiliki cerita yang dalam.

Bagi para gamers tentu paham dengan istilah casual gamers. Istilah untuk menyebut orang yang bermain game hanya untuk iseng dan senang-senang. Seperti game Angry Birds, sebuah game yang casual dan tidak perlu terlalu serius untuk memainkannya.

Coba lihat game lain yang diadaptasi menjadi film seperti Assassin’s Creed, Prince of Persia, Resident Evil, dan Warcraft. Game-game tersebut bukanlah casual game yang dimainkan hanya untuk iseng, ceritanya yang dalam hingga gameplay yang detail membuat gamer harus mengikuti alur cerita game ini, bahkan mungkin harus mencari F.A.Q (frequently asked questions) atau walkthrough di internet. Perlu berhari-hari untuk menyelesaikan game-game seperti ini.

Dunia game-game tersebut juga sangatlah luas, sehingga adaptasi filmnya juga harus memilih satu dari banyaknya cerita. Lihat saja Resident Evil yang terus eksis dari jaman console Playstation 1 hingga sekarang Playstation 4 dengan cerita yang berbeda namun konsep yang sama.

Namun tidak dengan Angry Birds, game sederhana yang hanya nembak-nembak burung dengan menggunakan smartphone saja sudah cukup. Bermain satu jam atau dua jam juga sudah puas.

Film ini persis mengangkat konsep, cerita, dan kesan yang ada dalam game ke dalam film sesuai dengan ekspektasi orang yang pernah memainkan game Angry Birds. Ringan dan mudah untuk dinikmati.

Tinggal duduk, nonton film, jika sendanya terasa ada kurang disana-sini pun kita akan menjadi tak peduli.

Para pengisi suara dalam film ini adalah Jason Sudeikis sebagai Red, Jason Gad sebagai Chuck, Danny McBride sebagai Bomb, Maya Rudolph sebagai Matilda, Bill Hader sebagai Leonard, dan Peter Denklage sebagai The Mighty Eagle. Film ini tayang di bioskop Indonesia mulai 13 Mei 2016.

Our Score (7,5/10)

 

Judul                     : Angry Birds Movie
Produksi              : Sony Pictures, Rovio Entertainment
Produser              : John Cohen, Catherin Winder
Sutradara            : Clay Caitis, Fergal Reilly
Pemain                 : Jason  Sudeikis, Jason Gad, Danny McBride, Maya Rudolph, Bill Hader, Peter Denklage

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.