Press "Enter" to skip to content

Anime Review : Log Horizon

Log Horizon karya Mamare Touno adalah anime yang dirilis pada tahun 2013. Premis ceritanya dan juga konsepnya memiliki kesamaan dengan anime SAO (Sword Art Online), sehingga cukup sering Log Horizon dibandingkan dengan SAO. Namun sebetulnya kedua anime ini memiliki eksekusi dan fokus yang berbeda dalam bercerita.

Anime ini bercerita tentang para pemain sebuah game online bernama ‘Elder Tale’ yang kemudian menemukan dirinya hidup dan berada di dalam game Elder Tale tersebut. Mereka menjadi pendatang di sebuah tempat baru yang biasanya selama ini mereka mainkan.

Orang-orang yang terjebak di dalam game Elder Tale ini disebut sebagai Adventurer. Mereka berusaha untuk mengetahui kenapa mereka bisa terjebak di dalam game dan bagaimana kembali ke dunia nyata. Namun dalam upaya tersebut juga mereka melakukan berbagai hal lain seperti melawan monster, membangun guild, komunitas, juga hubungan diplomasi dengan masyarakat lokal yang biasanya berperan hanya sebagai NPC (Non-Player Character) yang kini disebut sebagai People of The Land.

Ketimbang memperlihatkan aksi-aksi adu pedang, Log Horizon lebih menunjukan bagaimana Shiroe, seorang Enchanter dan juga karakter utama anime ini, membaca situasi pertarungan dan mengatur setiap karakter lainnya kepada posisi dan aksi yang tepat.

Hal ini memang membuat rasa shounen dan action dalam Light Horizon jadi berkurang, namun disisi lain Log Horizon justru memperkuat sisi genre slice-of-life nya dimana analisis dan kontemplasi mendapatkan porsi yang cukup banyak.

Tak hanya pada analisis bertarung dan kontemplasi tiap tokohnya, namun genre slice-of-life dalam anime ini semakin diperdalam dengan fokus utama anime ini yang lebih memperlihatkan pembangunan sosial ketimbang pertarungan.

Berbeda dengan SAO yang bernuansa lebih berat dimana mati dalam game berarti mati sungguhan sehingga tekanan psikologis dari para tokohnya juga terasa. Log Horizon memilih menggunakan konsep respawn dimana karakter yang mati akan hidup kembali.

Log Horizon. gambar : icloudpicture.com

Anime ini juga memberikan beberapa detail dan pengenalan mengenai konsep dan cara bermain game online. Seperti memanfaatkan setiap kelas karakter yang berbeda saat bertempur, ada yang berperan sebagai healer, tanker, melee attacker ataupun range attacker.

Hal ini membuat dalam beberapa sub-plot sangat terasa adanya eksplorasi intelektual terhadap dunia game online. Tentunya ini akan mempermudah orang yang tidak paham tentang dunia game bisa tetap mengerti tentang cerita dan isi dari anime ini.

Secara visual Log Horizon memiliki tampilan yang standar. Serial yang dirilis pada tahun 2013 ini memiliki tampilan visual animasi seperti anime-anime pada pertengahan 2000an. Terlihat tidak mendetail dan kurang tajam memang, namun masih bisa diterima.

Beberapa hal yang kurang dari anime ini adalah kurang memberikan tekanan psikologis yang dialami oleh para Adventurer dan juga terlalu banyaknya karakter yang dimunculkan. Sebagai orang yang terjebak dalam dunia asing sudah sepatutnya terdapat tekanan dan kecemasan terhadap keadaan dunia mereka berasal. Meskipun Log Horizon dikemas dengan nuansa yang ringan, namun hingga tahap tertentu kepanikan dan tekanan akan ingin kembali kedunia nyata tetap perlu dihadirkan.

Log Horizon. gambar : Wallpaper Abyss

Anime ini juga terlalu banyak memperkenalkan karakter yang kurang berpengaruh terhadap perkembangan cerita. Di awal saja anime ini sudah memperkenalkan tiga tokoh penting yakni Shiroe (Enchanter), Akatsuki (Ninja Assassin), dan juga Naotsugu (Paladin). Sosok Akatsuki terlihat sebagai sosok penting, ia diperkenalkan sejak awal dan memiliki pengaruh dalam banyak sub-plot, tapi karakter ini seolah tidak berkembang dan tidak juga diceritakan secara dalam.

Yang disayangkan lainnya juga adanya sub-plot khusus yang menceritakan para Adventurer berlevel rendah seperti Touya (Samurai), Minori (Healer), dan Rudy (Magician) dimana sebenarnya mereka tidak punya peran terlalu penting dalam plot utama cerita ini.

Setelah itupun masih dimunculkan banyak karakter sebut saja para anggota Round Table, anggota setiap guild, Adventurer berlevel rendah/menengah. Namun mereka semua  tidak diperkenalkan dengan dalam maupun dikembangkan dengan baik, ini membuat anime ini terasa seperti kisah epos. Tentu genre epos hampir tidak pernah ditemui dalam cerita anime.

Namun dilain sisi jika dilihat dari sisi MMORPG nya tentu memperkenalkan banyak karakter adalah hal yang wajar. Namanya juga game online. Yang disayangkan adalah tidak diberikannya kesempatan untuk memperdalam atau mengembangkan karakter tertentu yang berpotensi sebagai karakter penting.

Meskipun terdapat beberapa kekurangan namun Log Horizon bisa dikatakan sebagai sebuah anime yang bercerita apa adanya. Anime ini tidak menjanjikan pertarungan epic dengan aksi individu yang memikat. Namun anime ini memiliki unsur realisme kuat dengan kemasan fantasy-nya yang ringan dan juga menghibur.

 

Judul                       : Log Horizon
Genre                      : Adventure, Fantasy, Strategy
Original Story     :Mamare Touno
Total Episode      : 2 season ( 25 episode / season)
Status                      : Ongoing – Halted
Anime Studio      : Satelight (1st Season), Studio Deen (2nd Season)

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.