Press "Enter" to skip to content

Avengers: Endgame, Akhir Sempurna Sebuah Era

Pada tahun 2008, Marvel Studios harus bertaruh melalui sosok Tony Stark sebagai Iron Man yang diperankan oleh Robert Downey Jr untuk menjadi titik dasar dan membangun sebuah dunia yang luas. Tak banyak yang yakin pada saat itu bahwa sosok Iron Man akan berkontribusi sebesar ini. Terlebih Iron Man bukanlah superhero A-list seperti layaknya Spider-Man ataupun Wolverine.

Kemudian lagi tema superhero belumlah populer pada saat itu. Namun seiring terus berkembangnya dunia Marvel Cinematic Universe dan berkembangnya film superhero, pandangan tersebut berubah.

Melalui perjalanan 11 tahun dalam 22 film, Iron Man telah berhasil menjadi sosok paling sentral dalam berdiri dan berkembangnya Avengers, ia juga menjadi salah satu superhero yang paling digemari. Selain itu film superhero juga manjadi salah satu pemain utama dari penguasa pasar di industri perfilman.

Film ke-22 dari MCU yakni Avengers: Endgame tampil sebagai penutup fase-3 MCU sekaligus Infinity saga. Avengers: Endgame berhasil menjadi sebuah konklusi yang sempurna dari perjalanan 11 tahun pertama Marvel Studios.

Avengers Endgame
Scene from Avengers: Endgame. pic: Marvel Studios

Avengers: Endgame bercerita pada rentang waktu setelah kejadian di Infinity War dimana Thanos (Josh Brolin) berhasil menjentikan jarinya dan menghilangkan setengah populasi bumi. Kita diperlihatkan pada kondisi para superhero yang bertahan hidup dalam titik terendahnya yang berusaha melupakan masa lalu dan juga diselimuti oleh pesimisme.

Avengers: Endgame menawarkan sebuah pengalaman sinematik yang luar biasa melalui berbagai elemen yang dihadirkan. Mulai dari permainan emosi yang tepat waktu, CG yang nyaris tanpa cacat, dan juga penokohan yang terbangun kuat. Tentu itu semua tak lepas dari faktor perjalanan MCU yang sudah 11 tahun bersama-sama dengan penontonnya sehingga kita mampu merasakan dan mengerti tiap tokohnya.

Penokohan dalam film ini dibangun dengan sempurna. Robert Downey Jr adalah sosok yang tepat dalam memerankan Iron Man. Namun penampilannya dalam Endgame berada dalam level yang berbeda. Sehubungan dengan kejadian dalam film Infinity War, kini kita bisa merasakan beban emosional dan psikologis yang dipikul oleh sang Iron Man. Setiap detik penampilan Robert Downey Jr mampu menampilkan setiap beban-beban emosinya dengan tegas. Kemudian Hawkeye (Jeremy Renner) dan Nebula (Karen Gillan) juga mendapatkan porsi lebih dalam film ini. Peran mereka betul-betul sangat terasa dalam perkembangan ceritanya.

Jalan cerita film ini juga terstruktur dengan sangat baik dan rapih yang berjalan dalam tiga fase. Fase pertama ialah fase pasca jentikan jari Thanos yang memperlihatkan titik terendah para superhero Avengers dan usaha mereka dalam kembali bangkit kedalam pengharapan. Fase kedua berisi perjalanan para superhero dalam mengarungi waktu untuk mengumpulkan kembali infinity stones. Fase ketiga merupakan fase puncak sekaligus konklusi yang berisi pertempuran antara seluruh superhero melawan Thanos.

Avengers Endgame
pic: Marvel Studios

Penataan struktur cerita ini juga bisa dikatakan cerdas terlebih tatkala disisipkan elemen-elemen pelengkap dalam cerita film ini, seperti momen sedih, comic relief, CG dan adegan aksi yang memuaskan mata, dan juga soul dari Avengers yakni hubungan atau perasaan kekeluargaan antar karakter, terutama Avengers, yang terus diselipkan dalam berbagai kesempatan. Film ini memiliki banyak momen yang memainkan emosi perasaan para penggemarnya.

Bisa dikatakan bahwa Avengers: Endgame adalah sebuah film yang menjadi contoh sempurna bagaimana perjalanan sebuah frenchise perlu ditandai. Dan yang cerdas dari film ini adalah, Endgame tak hanya tampil sebagai konklusi dari perjalanan 11 tahun dan 22 film MCU tapi juga sebagai kaleidoskop dan juga sebagai transisi bagi sebuah perjalanan yang baru.

Dalam tiga jam perjalanan Endgame, film ini telah mampu membawa kita kedalam perjalanan waktu yang mengarungi masa 11 tahun lamanya, kemudian kita tahu bahwa akan ada sesuatu yang baru yang akan hadir kedepannya. Avengers: Endgame adalah sebuah contoh sempurna bagaimana sebuah era harus berakhir.

Satu kekurangan yang saya dapatkan dari film ini adalah… Film ini telah berhasil menetapkan sebuah level yang sangat tinggi bagi film superhero ataupun aksi blockbuster, sehingga sulit bagi kita untuk bisa melihat kembali film seperti ini kedepannya.

Our Score (10/10)

 

 

Judul                    : Avengers: Endgame
Produksi              : Marvel Studios
Sutradara            : Russo Brothers (Anthony Russo dan Joe Russo)
Cerita Asli           : Komik (The Avengers oleh Stan Lee dan Jack Kirby)
Penulis Cerita     : Christopher Markus dan Stephen McFeeley
Pemain                : Robert Downey Jr, Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Paul Rudd, Don Cheadle, Brie Larson, Karen Gillan, Josh Brolin

 

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

One Comment

  1. agen bola 24 jam October 19, 2019

    Hello every one, here every person is sharing these kinds of knowledge, therefore it’s pleasant
    to read this blog, and I used to go to see this web site every day.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.