Press "Enter" to skip to content

Central Intelligence, Misi Rahasia Dengan Kemasan Komedi Yang Membumi

 

Film bertema agen rahasia, agen intelijen, ataupun agen spionase biasanya selalu ditampilkan dalam kemasan yang mempesona. Agen yang tampan, berpakaian rapih formal, rambut klimis, dan terkadang pakai kacamata atau jam tangan canggih.

Tidak lupa juga ada seorang wanita cantik nan seksi (dalam beberapa film juga terkadang tangguh) yang akan semakin mendukung cerita ataupun sebagai pemanis saja.

Tapi lupakan itu semua. Film Central Intelligence ini justru memperlihatkan agen rahasia yang jauh dari konsep seperti demikian. Dwayne ‘The Rock’ Johnson yang berperan dalam film ini sebagai agen Bob Stone sangat jauh dari tampilan standar spy-style.

Bob Stone tampil dengan menggunakan kaos berwarna terang dan bahkan terkadang ada gambar hewan Unicorn, sambil mengenakan celana jeans selutut, ditambah tas pinggang ala bapak-bapak paruh baya.

Dalam menjalankan misinya, Bob Stone ditemani oleh Calvin Joyner, pria berkulit gelap yang merupakan teman Bob Stone semasa SMA. Aksi kedua orang ini dalam menjalankan misi rahasia dikemas dengan komedi.

Konsep duo seperti ini sebenarnya mirip dengan film Rush Hour yang diperankan Jackie Chan dan Chris Tucker. Namun Jackie Chan tampil lebih trendi dan stylish dibanding The Rock dalam film ini.

Jika dibandingkan, secara cerita Rush Hour masih lebih dalam dan luas dibanding film Central Intelligence ini. Rush Hour memiliki range sampai pendalaman mengenai Triad, penculikan, diplomasi, hingga harta negara. Tidak dengan Central Intelligence.

Meskipun demikian, bisa dikatakan Central Intelligence memiliki bumbu-bumbu cerita yang lebih akrab dan ramah kepada penonton. Beberapa selipan cerita seperti kisah SMA, bullying, persahabatan, saling percaya, dan hubungan suami-istri menjadi bumbu dari film ini.

adegan film. sumber : New Line Cinema
adegan film. sumber : New Line Cinema

Cerita Central Intelligence memang tidak original, mungkin film seperti ini bisa kita lihat dari beberapa film lain. Kesan dunia agen rahasia-nya pun kurang diperlihatkan. Namun itu tidak menurunkan kadar kelucuan film ini.

Komedi film ini justru dikemas dengan cukup serius. Kevin Hart yang memeranan Calvin Joyner juga dalam film ini beberapa kali mengungkapkan dialog yang menunjukan tipikal orang kulit hitam di Amerika.

Seperti saat Bob Stone si agen rahasia yang mudah mempercayai orang, murah senyum, dan senang melakukan skinship ini menceritakan tontonan favoritnya seperti Twilight Saga, dan Sixtee Candles. Calvin Joyner justru membalas dengan ucapan, “Sorry, i’m black. I don’t watch those movies.”

Secara singkat film Central Intelligence ini bercerita tentang Bob Stone yang dituduh membunuh rekan kerjanya dan kemudian mencuri data rahasia negara. Bob Stone yang merasa tidak melakukannya kemudian berusaha membuktikan dirinya tidak bersalah dan berusaha menyelamatkan data negara.

Diceritakan bahwa Bob Stone adalah teman SMA dari Calvin Joyner kelulusan angkatan 96. Di awal film ini dimulai dengan upacara perpisahan di aula sekolah. Sekumpulan anak nakal yang iseng kemudian pergi ke kamar mandi pria dan mendapati seorang murid gendut, berambut ikal, sedang mandi sambil berdansa dibawah shower. Pria tersebut bernama Robbie Weirdicht yang dipanggil oleh teman-temannya dengan ejekan Weirddick.

Terlihat aneh dan cupu, maka para begundal SMA tersebut kemudian menjahili si Weirddick dengan menangkapnya, kemudian menggotongnya beramai-ramai ke aula sekolah lalu dilempar. Weirddick yang masih telanjangpun ditertawai oleh seisi aula. Disaat yang sama, Calvin Joyner si murid terbaik di SMA sedang memberikan pidato lalu kemudian meminjamkan jaketnya kepada Weirddick untuk menutupi dirinya.

Sekitar 20 tahun kemudian, Weirdick bertemu dengan  Calvin Joyner dengan identitas baru sebagai Bob Stone si agen CIA. Secara tidak sengaja, Calvin Joyner kemudian terlibat dalam misi dari Bob Stone.

Komedi film ini ditampilkan dengan menghibur oleh duet The Rock dan Kevin Hart. Banyak komedi yang dihasilkan dari gestur maupun tingkah bodoh para karakternya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Konsep film ini memang tidak original, namun itu tidak mengurangi kadar kelucuan film ini.

Dengan bumbu-bumbu ceritanya, film ini justru menampilkan komedi dan cerita yang lebih membumi dibandingkan film berkonsep agen rahasia yang komedi lainnya.

Meskipun lucu, menghibur dan memuaskan namun tidak ada hal spesial yang ditunjukan dari film ini. Ini adalah tipikal film yang sehabis ditonton kemudian hanya bisa kita obrolkan dan tertawakan isi ceritanya sebentar lalu ya sudah. Tidak ada kesan atau rasa penasaran yang tertinggal untuk pingin nonton lagi.

Central Intelligence diperankan oleh Dwayne ‘The Rock’ Johnson sebagai Bob Stone, Kevin Hart sebagai Calvin Joyner, Amy Ryan sebagai Agent Pamela Harris, dan Danielle Nicolet sebagai Maggie.

Disutradarai oleh Rawson Marshall Turber, Central Intelligence tayang di bioskop mulai 15 Juni 2016.

Our Score (8/10)

 

Judul                     : Central Intelligence
Produksi              : New Line Cinema, Bluegrass Films, Principato-Young Entertainment, RatPac-Dune Entertainment
Produser              : Michael Fottrell, Peter Principato, Scott Stuber, Paul Young
Sutradara            : Rawson Marshall Turber
Pemain                 : Dwayne Johnson, Kevin Hart, Amy Ryan, Danielle Nicolet

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.