Press "Enter" to skip to content

Parasite, Perpaduan Sempurna Antara Selera Artistik dan Komersil

Setelah tahun lalu Shoplifters dari Jepang berhasil membawa pulang penghargaan bergensi Palme D’Or, kini giliran Parasite besutan sutradara Bong Joon Ho dari Korea Selatan dengan membuat film bertema politik kelas dalam ketimpangan ekonomi di dalam masyarakat. Sebuah film dark-comedy melankolis yang menghibur namun tanpa mengesampingkan nilai artistik dari sebuah karya film, literally a well-made film.

Film Parasite bercerita tentang dua keluarga dengan latar belakang ekonomi yang sangat berbeda. Pertama ialah keluarga Kim, masyarakat kelas bawah yang tinggal di lantai basement sebuah rusun tua. Sehari-hari keluarga Kim hidup dari melipat kemasan kotak Pizza.

Kemudian disisi lainnya tinggal keluarga Park, keluarga yang berhasil menggapai kenyamanan ekonomi masyarakat kelas atas perkotaan dengan tinggal di sebuah rumah mewah karya arsitektur ternama dengan taman dan kamar yang luas.

Judul Parasite ini tidak hanya menjadi metafor, tapi langsung ditunjukan oleh Bong Joon Ho dari sejak awal seperti ketergantungan keluarga Kim terhadap orang lain. Hal ini yang langsung diperlihatkan film Parasite dalam adegan pembukanya tatkala wifi tetangga yang biasa mereka tumpangi telah dipasangi password agar tidak digunakan orang lain.

Parasite
Parasite. pic: Cannes Film Festival

Suatu hari Kim Ki Woo (Choi Woo Shik) kedatangan kawannya yang bernama Min Hyuk (Park So Jun) yang akan pindah ke luar negeri untuk melanjutkan studi. Dari Min Hyuk, Ki Woo mendapatkan tawaran sebagai guru privat bahasa Inggris untuk anak pertama keluarga Park yakni Park Da Hye (Jung Ji Soo). Tidak perlu lama berpikir, Ki Woo langsung mengiyakan permintaan Min Hyuk untuk menggantikannya sebagai guru les Da Hye.

Ki Woo memiliki seorang adik bernama Kim Ki Jung (Park So Dam) yang pandai dalam urusan desain visual dan seni. Ki Jung kemudian membantu kakaknya dalam membuat banyak dokumen palsu seperti ijazah dan lain-lain untuk mendukung pekerjaan kakaknya.

Dari sini plot keluarga Kim dalam memanfaatkan keluarga Park untuk mencari kerja dimulai. Kim Ki Jung kemudian diperkenalkan oleh Ki Woo kepada keluarga Park untuk menjadi guru les seni dari Park Da Song (Jung Hyun Jun). Lalu kemudian menyusul Kim Ki Taek (Song Kang Ho) menjadi supir keluarga Park dan juga Kim Choong Sook (Jang Hye Jin) menjadi pembantu keluarga Park. Semuanya pura-pura saling tidak mengenal dengan menggunakan nama palsu tentunya.

Plot film ini bergerak cukup cepat. Tak lama setelah keluarga Kim terlihat nyaman atas ‘invasi’  yang mereka lakukan ke keluarga Park, mereka mendapati kenyataan bahwa mereka bukanlah satu-satunya ‘predator’ atau ‘benalu’ yang memanfaatkan kebaikan dan kepolosan keluarga Park.

Disinilah titik balik dari plot film Parasite, dari yang tadinya merupakan satire sosial yang dikemas secara komedi kemudian berubah menjadi drama kekerasan yang memperlihatkan perebutan kekuasaan kelas bawah antara keluarga Kim dan pembantu lama keluarga Park. Mereka saling berebut dan mencari cara agar salah satu dari merekalah yang cukup menjadi satu-satunya benalu yang menghisap kepolosan keluarga Park.

Parasite
Parasite. Pic: Cannes Film Festival

Dalam satu jam pertamanya, film ini memperlihatkan sebuah cerita komedi keluarga yang menarik dan menghibur dengan berfokus pada usaha penipuan yang dilakukan keluarga Kim terhadap keluarga Park agar mampu mendapatkan pekerjaan. Bahkan eksekusi plotnya benar-benar terasa seperti sebuah film thriller pencurian dengan terus menerus memperlihatkan hubungan antara rencana penipuan dan juga eksekusi di lapangan.

Kemudian sisanya, film ini memperlihatkan thriller drama yang dihiasi oleh kekerasan. Memperlihatkan konsep survival of the fittest yang terjadi antara predator masyarakat kelas bawah dalam menjaga mangsanya dari predator-predator lainnya.

Melalui Parasite, Bong Joon Ho memperlihatkan kita sebuah cerita dark comedy dengan tokohnya yang menarik, licik, dan juga lugu hanya untuk memperlihatkan kenyataan dari politik kelas, sebuah kekerasan, dendam, dan juga ancaman.

Parasite juga menjadi pembuktian kejeniusan dari seorang Bong Joon Ho. Bagaimana membuat sebuah film serius namun tetap bisa dikemas secara komersil. Ini contoh dari sebuah well made film dimana film tersebut secara bersamaan punya taste komersil dan artistik, dan setiap penonton mampu mengerti tentang film ini baik permukaanya ceritanya maupun kedalaman narasinya.

Our Score (10/10)

 

Judul:                    Parasite
Produksi:              Barunson E&A
Sutradara:            Bong Joon Ho
Cerita:                   Bong Joon Ho, Han Jin Won
Pemain:                Song Kang Ho, Lee Sun Kyun, Cho Yeo Jeong, Choi Woo Shik, Park So Dam

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.