Press "Enter" to skip to content

Pengaruh Britpop Terhadap Men’s Style

 

Perluasan budaya populer membawa berbagai pengaruh perubahan dalam berbagai hal terutama dalam dunia musik, film, dan gaya hidup. Pengaruh Hollywood, K-Pop sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari saat ini.

Mulai dari dunia kuliner, musik, film, hingga dunia fashion. Hal serupa juga terjadi sekitar awal 90an saat britpop mulai mendunia bersama Oasis dan Blur.

Sekitar 22 tahun lalu yakni pada tahun 1994, dua band asal Britania Raya memulai kompetisi mulai dari musik hingga cover majalah. Ialah Oasis dengan album Definitely Maybe dan Blur dengan album Parklife.

Ketika Britpop mulai merajalela di tahun 90an, sangat terasa pengaruhnya terhadap dunia musik. Beberapa musisi Inggris juga ikut memeriahkan invasi Britpop sebut saja Pulp, Suede, The Verve dan juga Radiohead.

men's style
Damon Albarn dan Alex James. foto : gilbert blecken files.

Memang yang paling terlihat dalam meluasnya gelombang Britpop adalah pengaruhnya dalam dunia musik. Tapi tak hanya musik, dunia mode/fashion pun ikut terpengaruh sehingga ada juga istilah Britpop Fashion.

Wait a moment. Mungkin agak sedikit membingungkan dan membuat kita berpikir “emang anak-anak britpop pada stylish apa?”. Para penggawa band-band britpop di era 90an memang tidak se-trendy band-band britpop sekarang. Sebut saja Arctic Monkeys yang tampil necis dan trendi saat promo album AM pada 2013 lalu.

Tapi band-band britpop di era 90an memberikan pengaruh cukup besar terhadap perkembangan dunia fashion pria, men’s style.

british fashion
Justine Frischmann. foto : google

Grunge and Americana had been the dominant thing,” ucap Justine Frischmann, vokalis dari Elastica, dilansir dari mrporter.

Britpop was like a manifesto fot the return of Britishness,” lanjut Justine.

Salah satu manifestasi dalam membentuk identitas ‘britishness’ dalam fashion terutama men’s style adalah bercampurnya gaya tiga generasi yakni gaya populer pada tahun 60an, bercampur dengan gaya formal pada tahun 70an, ditambah juga dengan gaya hooligans pada tahun 80an.

Hal ini ikut memperluas perkembangan brand-brand asal Inggris Raya seperti misalnya Clarks, Dr Martens, Fred Perry, dan Burberry. Brand-brand yang juga ikut memperikan kontribusi dalam perkembangan men’s style saat ini.

men's style
britpop-in collection. foto : thefashionisto.com
men's style
britpop-in collection. foto : thefashionisto.com

Beberapa gaya yang dipopulerkan oleh pengaruh britpop adalah sporty-look, mengenakan jaket olahraga, tracksuit atau sleeper, dengan brand-brand aparel seperti Fila, Adidas, Nike menjadi keren akibat pengaruh britpop. Inggris juga dikenal dengan kecintaannya terhadap sepak bola sehingga gaya sporty seperti ini yang biasa dikenakan para penggemar sepak bola pun ikut meluas.

Selain itu juga penggunaan beberapa jenis pakaian ikut populer bersama meluasnya britpop seperti poloshirt, kemudian parka, dan juga harrington jacket. Selaian itu juga masih ada beberapa jenis pakaian lagi yang juga ikut semakin populer bersama britpop seperti double breasted-jacket, jaket kulit, striped shirts, bucket hat, dan juga denim.

Meskipun jenis-jenis pakaian tersebut sudah ada lama dan mulai dikenal sebelum invasi britpop pada tahun 90an, namun invasi britpop membuat gaya dengan pakaian-pakaian tadi semakin populer untuk men’s style.

men's style
britpop. sumber : puluche.com

 

Sumber : MrPorter, Britpopnews, dan Telegraph.

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.