Press "Enter" to skip to content

PES PARTY, Sebuah Perayaan dan Pernyataan Sikap

Pada tanggal 30 Agustus 2018, KONAMI merilis seri terbaru dari game Pro Evolution Soccer yakni PES 2019. Kemudian dua hari setelahnya, yakni pada tanggal 1 September 2018 merupakan hari dimana kompetisi PES diadakan sebagai salah perlombaan dalam cabang eksebisi eSports di Asian Games 2018.

Pada tanggal 31 Agustus 2018, para penggemar game PES berkumpul di Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta untuk merayakan kedua hal tersebut yakni dirilisnya PES 2019 dan juga dilombakannya PES dalam cabang eSports di Asian Games 2018. Di mata penggemar tentu dua hal ini adalah hal yang mereka nantikan.

Membicarakan eSports tentu haram hukumnya jika tidak membicarakan game olahraga (sports game) terutama salah satu pelaku besarnya yakni KONAMI sebagai pembuat seri game Winning Eleven (WE) atau dikenal juga dengan nama Pro Evolution Soccer (PES).

Sebelum game-game gawai pintar dan juga game-game di komputer tenar, game konsol sudah lebih dulu populer. Lihat saja betapa menjamurnya tempat rental PlayStation dulu pada akhir 90an hingga tahun 2000an, dan hampir tak ada tempat rental yang tidak punya kaset PES ataupun WE dan bahkan hampir disetiap rental kita bisa melihat anak-anak bermain game tersebut.

Sejak masih dipasarkan dengan nama Winning Eleven, game ini berhasil menumbuhkan jiwa kompetitif kepada setiap orang yang memainkannya. Game ini adalah salah satu game wajib yang harus dimiliki oleh mereka yang memiliki PS dirumahnya, meskipun tak suka game bola tapi siapa tahu kalau ada teman-teman sekolahnya datang maka game tersebutlah yang akan dimainkan.

PES PARTY
Ki-Ka : Elga, Setia, Naoki, dan Tsubasa

Tahun 2019, seri game PES masih terus aktif dan exist di kancah industri bisnis game olahraga. Bahkan game ini juga masih aktif dimainkan dalam berbagai kompetisi game di berbagai level, mulai dari tingkat komunitas hingga global. Kini untuk merayakan peluncuran PES 2019 dan juga dilibatkannya eSports di Asian Games, diadakanlah PES PARTY.

Acara PES PARTY adalah sebuah perayaan kecil-kecilan yang tersegmentasi pada kelompok tertentu. Dalam hal ini tentunya adalah kelompok penggemar game PES atau mungkin juga orang yang tertarik terhadap dunia gaming ataupun eSports.

Sekitar 90 lebih orang mengisi Lounge XXI Plaza Senayan dalam acara PES PARTY untuk jatuh terbuai dalam hobi dan kecintaan mereka terhadap video game olahraga yang satu ini.

Dekat pintu masuk sudah tersedia buffet makanan untuk para pengunjung yang hadir, melihat ke sisi kanan ruangan terdapat 5 unit PlayStation 4 yang sudah tersambung dengan game PES 2019 dimana para pengunjung bisa dengan bebas bermain PES 2019 dengan siapapun.

Melihat kedepan terdapat sebuah panggung kecil dimana kemudian terdengar teriakan ‘Jebreeeeeet!’. Acara ini dibuka dan dipandu oleh seorang komentator kondang yang sedang naik daun yakni Valentino Simanjuntak atau yang dikenal juga dengan sebutan Jebreeet.

Para pengunjung yang hadir benar-benar dibuai dengan berbagai konten acara ini, mulai dari mencoba PES 2019, melihat penampilan Jebreeet yang lucu, menyaksikan penampilan rap dari JFlow, dan juga berinteraksi dengan para atlit PES dari Indonesia dan Jepang yang berlaga di Asian Games 2018.

PES PARTY
Takayuki Kurumada Memberikan Sambutan di PES PARTY

Bisa dibilang PES PARTY adalah sebuah perayaan paket lengkap bagi mereka yang menggemari PES. Namun lebih dalam dari sekedar perayaan, PES PARTY juga adalah sebuah pernyataan sikap terkait status eSports dan juga rayuan narasi bagi mereka yang berada di lingkar terdekat.

eSports kini sudah menjadi salah satu cabang dalam sebuah ajang pesta olahraga tingkat internasional atau lebih tepatnya tingkat kawasan. Meskipun eSports kini masih menjadi salah satu pertandingan eksibisi, tapi keikutsertaan eSports  dalam Asian Games 2018 bisa mengukuhkan posisinya dalam industri atau dunia olahraga.

Para pemain PES yang mewakili negaranya di Asian Games 2018 inipun disebut dengan sebutan atlet. Terkait masyarakat setuju atau tidak terhadap status eSports sebagai bagian olahraga atau bukan yang jelas kini para atlet eSports juga sudah bisa mengharumkan nama bangsa.

Lebih dari itu, para pemainnya pun sama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai yang dipegang teguh oleh para olahragawan seperti misalnya fairplay dan juga persaingan ataupun rivalitas.

PES PARTY adalah sebuah pesta kecil-kecilan yang tepat sasaran dengan pernyataanya yang kuat terkait eksistensi eSports. Terlebih lagi menunjukan peran penting dari game olahraga terutama seri game PES dalam  meningkatnya kepopuleran eSports dan diakuinya eSports sebagai sebuah kegiatan yang kompetitif.

 

 

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

One Comment

  1. furtdso linopv September 25, 2018

    I have learn several excellent stuff here. Certainly price bookmarking for revisiting. I surprise how so much effort you put to make any such wonderful informative web site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.