Press "Enter" to skip to content

Resolusi, Klise Euphoria Tahun Baru

Setiap menjelang tahun baru pada tanggal 31 Desember selalu ada beberapa jenis update di sosial media yang sudah pasti kalian sering lihat. Entah itu dari kenalan anda di sosial media, teman anda, keluarga anda, atau bahkan anda sendiri.

Misal, beberapa diantaranya seperti “Selamat jalan 2015, selamat datang 2016” atau mungkin ada juga yang menulis “365/365 saatnya memulai lembaran baru”. Tentu tulisan-tulisan tersebut atau semacamnya, sering kalian jumpai dalam sosial media. Namun tenang saja jika kalian rajin memperhatikan trending topic, bukan kalian saja yang menulis hal tersebut.

Tahun baru seolah menjadi pesta perayaan yang istimewa dimana 1 Januari itu berbeda dibanding tanggal-tanggal lainnya.

Resolusi. Sebuah hal yang ramai dibicarakan ketika tahun baru, orang-orang mulai berusaha untuk membuat stigma bahwa tahun baru adalah kamu yang baru, bahwa tahun baru adalah sebuah start awal. Cheers!

Sangat mudah melihat dan merefleksikan diri terhadap kesalahan kita maupun kegagalan yang terjadi pada kita di tahun yang telah berakhir ini. Mulai dari kehidupan sosial, pertemanan, persahabatan, percintaan, pekerjaan, hingga keluarga, selalu ada masalah terjadi didalamnya.

Tentunya, agar kesalahan dan kegagalan tersebut tidak terulang lagi diperlukan ‘resolusi tahun baru’. Tanpa kita sadari, kita membuat resolusi adalah karena kita merasa bahwa diri kita pantas mendapatkan yang lebih baik.

Resolusi tahun baru biasanya tidak akan jauh berbeda dengan apa yang ditulis pada tahun-tahun sebelumnya. Beberapa resolusi yang paling mudah ditemui misalnya ingin jadi lebih produktif, ingin lebih banyak memiliki quality time, menerapkan pola hidup sehat, atau bahkan diet.

Namun tahun baru tidak hanya diisi oleh orang-orang yang ingin membuat resolusi saja, tahun baru juga diisi oleh orang yang percaya bahwa resolusi itu tidak perlu dibuat dan hanyalah sebuah pernyataan klise belaka, dan tidak ragu mereka terus terang menyatakan hal tersebut melalui sosial medianya.

Hal tersebut tidak bisa dipersalahkan juga, karena tentunya banyak orang yang setelah bertahun-tahun mengamati jalanya progress resolusi yang ternyata tidak berjalan seperti yang mereka bayangkan membuat mereka tidak terlalu percaya terhadap resolusi tahun baru.

Namun tentunya, meskipun tidak kalian perhatikan masih banyak juga hal-hal baik yang terjadi pada tahun yang telah lalu tersebut. Mungkin juga toh membuat sebuah resolusi untuk menjaga apa yang membuat kalian senang sehingga masih bisa kalian pertahankan di tahun yang akan datang.

Resolusi tidak haruslah membuat suatu hal yang baru, resolusi juga bisa dibuat untuk menjaga apa yang telah ada. Apa yang telah ada dan tentunya bisa membuat kalian bahagia.

Mungkin pengalaman dan perjalanan hidup saya yang masih 23 tahun ini masih belum terlalu matang jika dibandingkan dengan orang yang sudah hidup hingga 50 tahun lebih. Namun, ketika saya berkontemplasi dan melihat kebelakang banyak hal kecil yang tanpa saya sadari membuat saya bahagia, dan tidak bisa saya pertahankan hingga kini.

Pada saat malam pergantian tahun pun, saya sedang bekerja sehingga buat saya melihat konser, pesta, dan kembang api tentunya adalah sebuah tuntutan yang menjadi beban buat saya. Perlu disadari bahwa perayaan yang menjadi hiburan bagi sebagian orang, tanpa kalian sadari menjadi hari yang melelahkan dan beban bagi sebagian orang lainnya.

Malam dimana orang-orang bepesta menyambut tahun yang baru dan sesuatu yang baru ini selalu dipenuhi dengan pesta, bazar, kembang api, hingga diskon besar-besaran. Malam panjang yang melelahkan bagi mereka yang bekerja untuk menghibur dan melayani para penjajal resolusi untuk menjadi insan-insan baru ini. Sebuah malam dimana mereka berharap bisa berlalu dengan cepat dan bisa segera pulang meskipun di perjalanan banyak sampah berserakan yang merupakan hasil dari pesta resolusi.


oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar || ig : putu.radar


Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.