Press "Enter" to skip to content

Review, Along with the Gods: The Last 49 Days (2018)

Film Along With The Gods : The Two Worlds yang tayang pada Januari 2018 lalu berhasil meraih sukses hingga menjadi salah satu film paling terlaris di Korea Selatan. Along with the Gods : The Two World menawarkan komposisi yang apik antara cerita yang kohesif, aksi yang menawan, dan juga CG yang realistis.

Along with the Gods: The Last 49 Days merupakan cerita sequel dari film sebelumnya yang dimana kali ini tokoh utamanya ialah Kim Soo Hong (Kim Dong-wook) yang merupakan adik dari Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun), tokoh utama di Along with the Gods: The Two Worlds.

Film kali ini menceritakan perjalanan Kim Soo Hong dalam mengarungi nirwana yang ditemani oleh Gang Lim (Ha Jung Woo) untuk bisa bereinkarnasi. Namun film sequel ini memiliki fokus dan narasi cerita yang berbeda dibanding film pertamanya.

Jika dalam film pertama diperlihatkan mengenai perjuangan para malaikat kematian dalam menemani roh untuk melewati pengadilan di dunia akhirat dan juga berbagai rintangannya, film kedua ini melakukan pendekatan yang lebih personal dengan menceritakan kisah masa lalu dari Gang Lim, Haewonmak (Ju Ji Hoon), dan Lee Deok Choon (Kim Hyang Gi) saat mereka masih hidup dan juga intrik hubungan pribadi dari para tokohnya termasuk Kim Soo Hong bersama dengan Won Dong Yeon (D.O) dan juga Park Moo Shin (Lee Joon Hyuk).

The Last 49 Days
Movie scene. pic : The Hollywood Reporter

The Last 49 Days secara singkat bercerita tentang Kim Soo Hong yang mati dan menolak kenyataan bahwa ia dibunuh oleh temannya. Kim Soo Hong adalah arwah ke 49 yang akan direinkarnasikan oleh ketiga malaikat tersebut agar mereka bisa berinkarnasi ke dunia manusia.

Film ini tampil tidak sebaik film pertamanya, meskipun sebetulnya Along With The Gods: The Last 49 Days juga merupakan sebuah film yang menarik dan tampil menghibur. Namun film sequel ini memiliki narasi cerita yang tidak terfokus sehingga kadang kali terasa membingungkan.

Film ini memiliki tiga narasi cerita yang tampil di permukaan dan berjalan beriringan yakni perjalanan Kim Soo Hong dan Gang Lim untuk bereinkarnasi, upaya Haewonmak dan Lee Deok Choon untuk mencabut nyawa seorang kakek, dan juga kisah masa lalu dari ketiga malaikat tersebut.

Narasi-narasi tersebut berjalan dengan linear dimana keketiga narasi tersebut jalan beriringan namun diperlihatkan secara bergantian. Ketiga narasi tersebut memiliki emosi dan tone yang berbeda sehingga setiap pergantian adegan dan perubahan cerita terasa membingungkan dan tidak terlalu jelas. Mulai dari cerita aksi petualangan, kemudian loncat ke melodrama keluarga, lalu loncat lagi ke aksi fantasi abad pertengahan.

The Last 49 Days
Kim Hyang Gwi sebagai penduduk Jarchins. pic : live

Meskipun memiliki narasi cerita yang bertumpuk-tumpuk namun film ini tetap mampu tampil terstruktur dan menghibur. Ketiga narasi tersebut masih mampu berjalan beriringan untuk mencapai satu objektif yaitu kebenaran masa lalu, kebenaran akan kehidupan Haewonmak dan Lee Deok Choon, penyesalan Gang Lim, dan juga kebenaran akan kematian Kim Soo Hong.

The Last 49 Days juga tetap mampu tampil menghibur dengan meningkatnya unsur komedi yang ditampilkan melalui sosok Kim Soo Hong dan juga Sung Ju (Ma Dong Seok), ini adalah bukti bahwa film ini masih mampu mengembangkan dan memunculkan karakter-karakter baru yang belum ditampilkan sebelumnya dan dapat membaur dengan cerita utama film ini. Kemudian, sama seperti Along With the Gods : The Two World yakni film ini juga masih mampu memberikan tampilan CG yang mendetil dan terlihat nyata.

Meskipun film ini memiliki tiga narasi sekaligus yang diceritakan namun ketiga narasi tersebut tetap mampu berjalan beringan  dan kohesif meskipun pergantian scene antar narasinya membuat film ini tampak kebingungan dan sibuk sendiri.

The Last 49 Days adalah film sequel yang tidak hanya sekedar melanjutkan cerita film sebelumnya tapi juga mampu memberikan hal yang berbeda dibanding film pertamanya yakni kontemplasi personal yang lebih mendalam sehingga ikut membantu meningkatkan humor dan sisi drama dari film ini secara bersamaan.

Our Score (7/10)

 

Judul                     : Along With The Gods: The Last 49 Days
Produksi              : Realise Pictures, Dexter Studios
Sutradara            : Kim Yong Hwa
Penulis Cerita   : Kim Yong Hwa
Cerita Asli           : Adaptasi komik web berjudul 신과함께 (Singwa Hamgge) oleh Joo Ho Min
Pemeran              : Ha Jung Woo, Ju Ji Hoon, Kim Hyang Gi, Ma Dong Seok, Kim Dong Wook


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.