Press "Enter" to skip to content

Review, Along With The Gods : The Two Worlds (2018)

Film blokbuster Korea Selatan Along With the Gods : The Two Worlds adalah sebuah film yang menawarkan komposisi apik dan seimbang dengan berbagai cita rasa mulai dari CG, fantasi petualangan, aksi pertarungan, komedi, serta sentuhan melankolis khas film drama Asia.

Bercerita tentang seorang pemadam kebakaran bernama Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun) yang meninggal karena terjatuh dari gedung yang terbakar saat menyelamatkan seorang anak kecil. Ia kemudian disambut oleh tiga dewa penjaga yang akan menemaninya melewati tujuh tahapan pengadilan akhirat yang akan memutuskan apakah Kim Ja Hong akan dilahirkan kembali ke dunia manusia atau tidak.  

Film yang disutradarai oleh Kim Yong Hwa (Mr.Go, 200 Pounds of Beauty) ini mengambil narasi dari dogma ajaran Budhisme tentang karma, kehidupan, kematian, penghukuman, dan juga reinkarnasi. Film ini memperlihatkan petualangan alam kematian yang dilalui Kim Ja Hong beserta tiga dewa penjaganya, dan juga bagaimana kehidupan dunia manusia mempengaruhi keadaan dunia kematian.

Along With the Gods langsung dibuka oleh adegan yang menegangkan. Kim Ja Hong yang sedang menyelamatkan anak terjatuh saat tali yang menopangnya terputus. Ia pun disambut oleh tiga dewa penjaga yakni Gang Lim (Ha Jung Woo), Hewonmak (Ju Ji Hoon), dan Deok Choon (Kim Hyang Gi). Film ini berhasil memanfaatkan adegan pembuka yang menegangkan untuk mengambil perhatian penonton.

Along With the Gods’ still cut

Kim Ja Hong kemudian berjalan di neraka untuk melewati tujuh pengadilan yang mewakili tujuh dosa mulai dari pembunuhan, penghianatan, penipuan, dan lain-lain. Dalam perjalanan inilah cerita utama film Along With the Gods berjalan dan berkembang.

Tiga dewa penjaga yang menemani Kim Ja Hong berperan sebagai pengacara pembela dalam setiap pengadilan yang dilewatinya. Terdapat juga dua dewa yang berperan sebagai jaksa penuntut yang diperankan dengan lucu dan menghibur oleh Oh Dal Su dan Im Won Hee yang membuat film ini terasa lebih ringan dengan beberapa adegan komedi.

Film ini juga dipenuhi adegan aksi dan juga CG, pertarungan melawan setan neraka ataupun hantu gentayangan diperlihatkan dan dikoreografikan dengan dinamis khas film aksi laga dengan gerakan bela diri yang dinamis dan terstruktur. Sayangnya masih cukup banyak CG dari film ini yang kurang rapih dan terlihat kasar.

Selain dari CG, film ini juga memiliki beberapa sub-plot yang tidak terlalu berguna seperti kenangan masa lalu Gang Lim dengan setting Korea jaman monarki. Sub-plot tersebut tidak terlalu memberikan dampak kepada cerita utama.

Along With the Gods
The Casts of Along With The Gods. pic : High Cut Korea

Seperti sebagian besar film Korea ataupun film-film Asia Timur lainnya dimana terdapat sentuhan drama melankolis. Demikian juga film ini, sejak akhir bagian konfrontasi hingga penyelesaian dan klimaks mulai diperdalam hubungan antara Kim Ja Hong dengan adiknya, Kim Su Hong (Kim Dong Wook) dan juga ibunya yang bisu (Ye Soo Jung). Hal tersebut dituntaskan di pengadilan neraka terakhir yang dipimpin oleh dewa kematian, Yeomra (Lee Jung Jae).

Pada akhirnya film Along With the Gods adalah sebuah film yang emosional yang ditopang oleh kemampuan berperan yang sangat baik dari para aktor dan aktrisnya. Film yang berjalan dengan mesin aksi komedi dan diakhiri oleh melodrama keluarga.

Sebuah film dengan kemasannya yang ramai dimana terdapat banyak elemen seperti aksi, petualangan, dan komedi namun seluruh elemen tersebut tetap mampu ditampilkan dengan porsi yang seimbang sehingga film ini tetap mampu tampil menghibur dan juga menyentuh.

 

Our Score (8/10)

 

 

 

Judul                     : Along With the Gods : The Two Worlds
Produksi              : Realies Pictures, Dexter Studios
Sutradara            : Kim Yong Hwa
Penulis Cerita    : Kim Yong Hwa
Cerita Asli           : Adaptasi komik web berjudul 신과함께 (Singwa Hamgge) oleh Joo Ho Min
Pemeran             : Cha Tae Hyun, Ha Jung Woo, Ju Ji Hoon, Kim Hyang Gi, Kim Dong Wook, Lee Jung Jae, Ye Soo Jung, Oh Dal Su, Im Won Hee

 

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.