Press "Enter" to skip to content

Review, The Big Short (2016)

Tahun 2008 ketika krisis global mulai menghantam banyak negara besar di Eropa dan Amerika, berita media massa dipenuhi laporan krisis dan pandangan orang-orang terhadap kondisi perbankan di berbagai negara yang terkena krisis.

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang terkena dampak krisis global 2008. Ketika Wall Street jatuh, banyak yang menganggap bahwa hal tersebut adalah jatuhnya sistem kapitalisme Amerika Serikat.

Film The Big Short diawali dengan sedikit adegan sejarah mengenai bisnis properti yang diprakarsai oleh bank di Amerika Serikat. Adegan berlanjut ke era 2005, di mana ada seorang pengamat keuangan mengetahui bahwa akan terjadi krisis besar pada 2008.

Dia adalah Michael Burry (Christian Bale) yang kemudian melakukan manuver bisnis dalam bidang properti dan keuangan. Namun, karena ide bisnisnya dianggap bodoh oleh pihak perbankan, maka tawaran yang dibuat Burry diterima oleh pihak bank tanpa ragu dengan alasan bisa mendapat untung besar.

Tak lama setelahnya, beberapa orang pemain investasi mulai menyadari keganjilan dalam ekonomi Amerika Serikat. Mark Baum (Steve Carell) seorang ahli investasi idealis yang sangat membenci Wall Street juga menyadari dan melakukan manuver investasi dengan bantuan Jared Vennet (Ryan Gosling) yang merupakan seorang konsultan.

Di saat para tokoh ini sedang asik melakukan manuver investasi dan banyak investor dan bank yang menerima tawaran manuver bisnis tersebut, ternyata ada satu orang yang resah dan merasa tidak senang dengan keadaan ini, yaitu Ben Rickert (Brad Pitt).

Ben Rickert adalah seorang mantan pekerja di bidang keuangan di Singapura yang kini telah pensiun. Dia juga menyadari keanehan dalam keuangan Amerika, namun Ben mampu melihat hal yang lebih besar bahwa krisis yang akan timbul tidak hanya menyerang Amerika Serikat saja, tapi dunia.

Ben pun benci dengan kapitalisme di Wall Street. Dia menyadari ketika krisis menerjang dan Wall Street runtuh, maka hal itu akan berdampak terhadap banyaknya pengangguran, orang-orang kehilangan tempat tinggal, dan efek sosial lain.

Film ini dikemas dengan menarik dan menghibur meskipun cukup banyak timeline yang melompat beberapa bulan ataupun tahun. Cara penokohannya pun menarik, menggambarkan sosok para jenius dengan sifat nerd, pemarah, karismatik, hingga humanis. Kita semua tahu bahwa Wall Street sangatlah kapitalis, namun film ini memberikan sudut pandang yang lebih adil dan humanis dalam memandang Wall Street dan juga kejatuhannya.

Film ini memberi sedikit penglihatan bagaimana keadaan sosial setelah krisis global menerpa Amerika Serikat dan pandangan orang terhadap para pegawai perbankan.

 

Our Score (8/10)

 

Judul                     : The Big Short
Produksi              : Plan B Entertainment dan Regency Enterprises
Sutradara            : Adam McKay
Produser             : Dede Gardner, Jeremy Kleiner, Arnon Milchan, Brad Pitt
Pemain                : Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gossling, Brad Pitt

 


oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

 

 

 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.