Press "Enter" to skip to content

Ip Man 3, Aksi Maksimal Minim Efek

Dunia film Hongkong kembali merilis sebuah film aksi laga dengan merilis Ip Man 3 yang merupakan sequel dari film Ip Man dan masih diperankan oleh Donnie Yen.

Film Ip Man 3 bercerita tentang upaya Ip Man untuk melindungi sekolah anaknya dari serangan sekelompok preman yang ingin mengambil alih sekolah tersebut dengan paksa. Tidak hanya berhenti disana, dalam film ini juga muncul satu orang lagi ahli Wing Chun yang ingin menantang Ip Man untuk bisa menjadi seorang ‘The Grandmaster’.

Film ketiga Ip Man ini memiliki setting tahun 1959 di Hong Kong. Masa dimana akhirnya Ip Man beserta keluarganya bisa hidup dengan tengang meskipun pas-pasan setelah hidup sulit selama masa pemerintahan feodal Jepang yang diceritakan dalam Ip Man 2.

Ip Man 3 dibuka dengan kedatangan Lee Xiaolong atau lebih dikenal dengan nama Bruce Lee ke rumah Ip Man dan meminta untuk dijadikan sebagai murid. Langsung saja Bruce Lee menunjukan kemampuan kepada Ip Man.

Film ini langsung dibuka dengan adegan aksi dari gerakan-gerakan kung fu yang indah dan efek gerak lambat dari kamera yang membuat semua aksinya begitu tampak nyata, cepat, pasti dan mendebarkan. Namun sayang, Bruce Lee masih belum diterima sebagai murid oleh Ip Man.

Kemudian Ip Ching, anak dari Ip Man berkelahi disekolah dengan anak dari Cheung Tin Chi, seorang ahli Wing Chun lainnya.

Hubungan Ip Man dan Cheung Tin Chi berkembang sehingga kemudian Ip Man beberapa kali dibantu oleh Cheung Tin Chi. Namun kemudian Cheung Tin Chi terobsesi menantang Ip Man untuk bertarung agar bisa mendeklarasikan diri sebagai Guru Besar Wing Chun.

Ip Man juga berhadapan dengan seorang businessman kotor dari negara barat yang ingin merebut sekolah tempat anak Ip Man mengenyam pendidikan sampai akhirnya Ip Man beserta murid-murid sekolah wing chun miliknya menjaga sekolah tersebut hingga larut malam.

Tidak ada yang diragukan dari aksi film ini, dari awal hingga akhir dipenuhi oleh gerakan-gerakan indah dari ilmu bela diri asal China tersebut. Cara pengambilan gambar dan efek suara seperti suara pedang yang saling beradu membuat aksi film ini semakin nyata.

Dalam film ini juga, lebih diperlihatkan sisi Ip Man yang lebih berkontemplasi terhadap hidupnya. Tidak hanya beraksi namun terkadang film ini juga diselipkan cerita lucu, drama, maupun adegan romantis.

Film Ip Man disutradarai oleh Wilson Yip, dan diperankan oleh Donnie Yen sebagai Ip Man, Zhang Jin sebagai Cheung Tin Chi, Mike Tyson sebagai Frank, Lynn Hung sebagai Cheung Wing Sing, Patrick Tam sebagai Ma King Sang, dan ada juga Danny Chan sebagai Bruce Lee.

Seri film Ip Man menunjukan bahwa untuk membuat sebuah film bergenre action yang baik dan menghibur tidaklah diperlukan CG yang mahal, efek ledakan yang banyak, serta kostum warna-warni. Yang dibutuhkan adalah keahlian bela diri dan kemampuan kamera menangkap gerakan.

Film Ip Man 3 akan mulai tayang di Hongkong pada 24 Desember 2015 dan akan tayang serentak di negara lain pada 22 Januari 2016.

Our Score (9/10)

Judul          : Ip Man 3
Produksi    : Dream Salon Entertainment Culture dan Pegasus Motion Pictures
Produser   : Raymond Wong
Sutradara : Wilson Yip
Pemain     : Donnie Yen, Zhang Jin, Lynn Hung, Mike Tyson, Patrick Tam, dan Danny Chan


oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar || ig : putu.radar


Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.