Press "Enter" to skip to content

Review, Kingsman : The Golden Circle (2017)

Kingsman : The Golden Circle adalah sequel dari film Kingsman : The Secret Service (2015) yang merupakan sebuah film tentang agen rahasia yang dikemas dengan aksi dan komedi. Film Kingsman kali ini pun masih tampil menghibur, walaupun tidak sebaik film pertamanya.

Sequel Kingsman ini pun masih disutradarai oleh Matthew Vaughn (Kingsman : The Secret Service, Fantastic Four, dan X-Men : Days of Future Past) dan masih bercerita tentang aksi Eggsy (Taron Eggerton) sebagai seorang agen mata-mata Kingsman.

Film ini dibuka dengan adegan aksi kejar-kejaran yang seru antara Eggsy dan Charlie (Edward Holcroft). Bisa dibilang adegan pembuka ini adalah salah satu adegan terseru dalam film ini.

Dalam Kingsman : The Golden Circle, Eggsy bersama dengan kekasihnya, Tilde of Sweden (Hanna Alstrom) seorang putri kerajaan Swedia yang sempat diselamatkan oleh Eggsy dalam film sebelumnya,  menempati rumah milik Harry Hart atau yang dikenal dengan nama Agen Galahad (Colin Firth).

The Golden Circle
The Statesman. gambar : 20th Century Fox

Kali ini markas dan tempat tinggal para agen Kingsman diserang dan dihancurkan oleh kelompok organisasi kriminal bernama The Golden Circle dan agen Kingsman yang tersisa hanyalah Eggsy dan Merlin (Mark Strong). Dalam melawan The Golden Circle yang dipimpin oleh Poppy (Julianne Moore), Eggsy dan Merlin bekerja sama dengan organisasi agen rahasia dari Amerika Serikat yang dianggap bersaudara dengan Kingsman yakni Statesman.

Kingsman : The Golden Circle tampil tidak terlalu rapih dalam menyampaikan cerita. Memperkenalkan Statesman merupakan sebuah ide yang menarik, namun sayangnya ini membuat banyak karakter baru diperkenalkan latar belakangnya secara cukup mendalam meskipun sebetulnya tidak terlalu perlu.

Tak hanya itu, film ini juga memiliki beberapa sub-plot yang justru mengganggu jalan cerita utama. Hal ini membuat cerita film ini lebih lambat berkembang, kesulitan dalam menjaga momentum yang sudah terbangun, dan juga mencapai klimaks.

Film ini masih setia dalam memperlihatkan adegan aksi yang menarik, meskipun kali ini tidak banyak adegan aksi yang terasa seru dan menegangkan selain adegan kejar-kejaran di awal dan adegan akhir saat trio Eggsy, Galahad, dan Merlin tiba di dalam hutan tempat markas Poppy. Adegan lainnya tidaklah membosankan, melainkan biasa saja dan bahkan berpotensi untuk seru namun terganggu oleh cerita yang tidak rapih.

Sosok Poppy yang diperankan oleh Julianne Moore juga memiliki citra yang cocok dengan genre film Kingsman, seorang tokoh antagonis yang misterius, terlihat memiliki gangguan jiwa, dan juga nyentrik. Sayangnya sosok Poppy dari pada terlihat bermasalah dan nyentrik, beberapa kali malah terasa absurd dan tidak jelas sehingga kehadirannya tampak terlalu lemah untuk seorang tokoh antagonis utama.

The Golden Circle
Eggsy, Galahad, Whiskey. gambar : 20th Century Fox

Film ini memiliki rating dewasa (Rated R), namun CG yang membalut kemasan aksi dalam film ini justru terlihat berlebihan sehingga tampak seperti film-film aksi keluarga atau untuk semua umur. Inilah yang membuat beberapa adegan aksi juga jadi terasa kurang maksimal.

Meski demikian, dalam film keduanya ini Kingsman tetap tampil konsisten. Ceritanya memang kurang rapih tapi tidak berantakan sehingga waktu tayangnya yang selama dua jam lebih ini tetap terasa tidak membosankan, meskipun sebetulnya film ini bisa tampil 30-40 menit lebih cepat jika adegan-adegan tidak perlunya disingkirkan. Ceritanya yang lebih luas dan karakter-karakter baru yang muncul juga masih mampu memperkaya cerita Kingsman secara keseluruhan.

Kingsman : The Golden Circle masih tampil menghibur. The Golden Circle memang tampil tidak sebaik film pertamanya, sequel ini bukanlah sebuah film yang superior atau sequel yang sangat perlu untuk dihadirkan. Namun dalam urusan untuk sekedar memuaskan penggemar dari film pertamanya, The Golden Circle tampil dengan baik.

Sayangnya dengan hasil sebatas ini, tampaknya Kingsman masih belum mampu untuk bisa mendapatkan banyak penggemar baru.

Our Score (6,5/10)

 

 

Judul                     : Kingsman : The Golden Circle
Sutradara            : Matthew Vaughn
Penulis                 : Matthew Vaughn dan Jane Goldman
Produksi              : Marv Films dan Claudy Production
Pemain                 : Taron Egerton, Colin Firth, Mark Strong, Julianne Moore, Edward Holcroft, Hanna Alstrom

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.