Press "Enter" to skip to content

Review, Spider-Man : Homecoming (2017)

Sosok Spider-Man kembali diperkenalkan di layar lebar, masih dalam sosok remaja bernama Peter Parker yang kali ini diperankan oleh Tom Holland. Dalam 15 tahun terakhir, sosok Spider-Man sudah memiliki 6 film sendiri, dengan 3 pemeran utama berbeda, dan 2 kali remake.

Spider-Man: Homecoming menandakan kembalinya sosok Spidey ke dalam dunia Marvel Cinematic Universe (MCU).  Pihak Marvel sudah meyakinkan bahwa film terbaru dari Spider-Man ini adalah sebuah remake yang berhasil dan memperlihatkan sesuatu yang unik, seru, dan juga lucu.

Superhero remaja yang satu ini cukup berbeda dibanding superhero lainnya, Spidey tidak menimbulkan kerusakan besar ataupun ancaman terhadap masyarakat. Ia adalah sosok superhero yang memperlihatkan sifat remaja tanggung yang punya idealisme. Tak sabaran untuk menggunakan kostumnya, keliling kota, menolong orang, dan menonton aksi dirinya sendiri di internet.

Dari dua seri Spider-Man sebelumnya (Spider-Man trilogi dan The Amazing Spider-Man) kita sudah tahu bahwa Peter Parker adalah seorang remaja yang mendapatkan kekuatannya dari laba-laba radio-aktif, dan kehilangan pamannya dalam sebuah kejahatan.Hal tersebut tidak diceritakan lagi dilam film ini.

Homecoming dimulai dengan adegan dokumentasi swavideo Peter saat Civil War melawan tim Captain America. Setelah Civil War berakhir, Peter Parker kembali diantarkan kerumahnya oleh Tony Stark (Robert Downey Jr.). Parker yang senang karena bisa membantu Iron Man berharap bisa mendapatkan panggilan kembali untuk misi penting dari Avengers.

Namun Tony Stark tidak memberi kabar sama sekali, Peter Parker yang labil kemudian setiap pulang sekolah menggunakan kostum Spidey dan pergi menolong orang dalam ruang lingkup kecil seperti menangkap pencuri sepeda, ataupun menolong nenek-nenek mencari jalan.

Homecoming
Tony Stark dan Peter Parker. pic : Marvel

Inilah yang membuatnya berbeda dari superhero lain yang selalu menyelamatkan bumi. Spider-Man is your neighborhood friendly superhero.

Kali ini Spider-Man melawan sekelompok penjahat yang mencuri barang bekas dari reruntuhan bangunan dan peperangan Avengers. Kelompok ini dipimpin oleh Adrian Toomes atau Vulture (Michael Keaton) yang memiliki dendam terhadap pemerintah dan Avengers karena ketidakberdayaan ekonomi yang dialaminya.

Michael Keaton menunjukan kedalaman karakternya sebagai tokoh antagonis baik sebagai Adrian Toomes ataupun alter-ego nya yakni Vulture. Bagaimana Adrian Toomes berniat melakukan kejahatan karena ketidak sukaannya terhadap Stark dan perannya sebagai ayah yang ingin menghidupi keluarganya. Ditambah perannya sebagai Vulture yang terganggu akibat ulah Spider-Man yang berusaha untuk menjadi superhero yang diakui oleh Avengers.

Film Spider-Man dikemas dengan semangat muda. Walaupun tidak lagi diperlihatkan mengapa Peter Parker bisa menjadi Spider-Man namun film ini tetap tampil menarik. Persoalan kehidupan manusia biasa Peter Parker pun mendapat perhatian lebih, itulah yang membuat film ini terasa muda. Mulai dari kehidupan sekolah, magang, pertemanan, pengakuan, hingga percintaan.

Tingkahnya sebagai remaja labil dalam bentuk superhero yang rajin menolong masyarakat di Queens juga membuat film ini menjadi memiliki banyak porsi komedi yang muncul secara natural. Apalagi ditambah kehadiran Ned (Jacob Batalon) the nerd losers, dan juga Flash Thompson (Tony Revolori) si anak gaul yang suka ngejek. Karakter-karakter penting dalam sebuah film yang berisikan anak-anak remaja.

Homecoming
Ned dan Peter. pic : Marvel

Meskipun demikian, sayangnya Spider-Man : Homecoming ini sama sekali tidak memperlihatkan Spidey Sense yang seharusnya dimiliki oleh Spider-Man untuk mengetahui adanya bahaya disekitarnya. Homecoming benar-benar menunjukan narasi berbagai sisi kehidupan remaja yang dikemas ringan dan banyak humor.

Bisa dibilang bahwa film Spider-Man ini adalah bukti kemampuan Marvel dalam memfilmkan kembali frenchise-nya yang masih dimiliki oleh rumah produksi lain, seperti X-Men yang dimiliki oleh 20th Century Fox. Tentu Marvel perlu membuat X-Men bagus lagi setelah semakin kesini, cerita X-Men makin ga jelas.

 

Our Score (8,5/10)

 

Judul                     : Spider-Man : Homecoming
Produksi              : Columbia Pictures, Marvel Studio, Pascal Pictures
Sutradara            : Jon Watts
Penulis Cerita    : Jonathan Goldstein, John Francis Daley, Jon Watts, Christoper Ford, Chris McKenna, dan Erik Sommers
Pemeran              : Tom Holland, Marisa Tomey, Robert Downey Jr., Michael Keaton, Jon Favreu, Zendaya Coleman, Laura Harrier

 

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.