Press "Enter" to skip to content

Sword Art Online VS Log Horizon

Anime berkonsep ‘terjebak di dalam dunia game’ VMMORPG (Virtual Massively Multiplayer Online Role Playing Games) memang sedang tren semenjak beberapa tahun belakangan. Konsep ini sebenanya sudah mulai dipopulerkan oleh serial anime .hack// (baca : dot hack) pada 2002. Konsep ini kemudian kembali populer pada tahun 2012 melalui serial anime Sword Art Online (SAO).

Pada tahun 2013, serial anime berkonsep VMMORPG yang diadaptasi dari sebuah light novel kembali dirilis yakni Log Horizon.

Log Horizon dan SAO memiliki konsep yang mirip yakni para karakternya adalah orang yang terjebak dalam dunia game online dan tidak bisa kembali kedunia nyata. Premis ceritanya juga mirip, keduanya sama-sama bercerita tentang upaya para tokoh anime tersebut bisa kembali kedunia nyata.

Namun sebenarnya kedua anime ini dieksekusi dan dikemas dengan berbeda. Meskipun memiliki konsep yang sama namun rasa yang diberikan oleh kedua anime ini berbeda.

Terdapat cukup banyak perbedaan yang ada antara Sword Art Online dan Log Horizon, sehingga tidak bisa dikatakan bawa anime yang satu adalah copycat dari anime lainnya. Berikut beberapa perbedaannya.

Shiroe as a Tactician. gambar : reddit

Swordsman VS Enchanter

Salah satu perbedaan yang paling utama adalah dari pemeran utamanya. Sword Art Online memiliki tokoh utama bernama Kirito yang merupakaan seorang Swordsman, sedangkan pemeran utama Log Horizon bernama Shiroe yang merupakan seorang Enchanter.

Kedua job class ini (Swordsman dan Enchanter) tentu memiliki peran yang berbeda dalam bertarung. Perbedaan ini lah yang mempengaruhi cara pandang dalam menuturkan cerita dari kedua serial anime ini.

 

Breaker/Attacker VS Supporter/Tactician

Genre shounen dalam SAO sangat menonjol, ditambah lagi Kirito adalah seorang Swordsman yang semakin memperseru cerita dengan berbagai adegan pertarungan pedang.

Dalam Log Horizon sisi slice-of-life nya lebih ditonjolkan walaupun genre shounen dan action nya pun masih cukup terasa. Adegan-adegan pertaungan secara mayoritas diperlihatkan dari sudut pandang Shiroe yang merupakan seorang taktisi dan lebih memperlihatkan kepada kerjasama tim disbanding aksi individu.

 

Shounen Action VS Slice of Life

Genre shounen dalam SAO sangat menonjol, ditambah lagi Kirito adalah seorang Swordsman yang semakin memperseru cerita dengan berbagai adegan pertarungan pedang. Misi utama dalam SAO pun sangat jelas yakni menyelesaikan misi bertarung.

Dalam Log Horizon tidak diberitahukan secara jelas apa yang harus dilakukan oleh para player untuk bisa mencapa tujuan mereka. Maka dari itu cukup banyak Log Horizon memperlihatkan adegan kontemplasi dan juga kegiatan diplomasi dalam membangun sebuah peradaban dalam sebuah dunia yang baru.

Kirito from SAO. gambar : zerochan

Solo Player VS Guild

Kirito diceritakan sebagai seorang player yang lebih senang beraksi secara individu. Ia menghindari keterikatan dengan Guild. Maka dari itu SAO memperlihatkan tidak terlalu banyak tokoh penting di sekitar Kirito.

Berbeda dengan Shiroe. Shiroe juga awalnya tidak ingin terikat dalam sebuah guild, namun banyak dari rencananya yang harus melibatkan kumpulan banyak guild maka Shiroe pun membentuk sebuah guild bernama Log Horizon. Inilah yang membuat anime Log Horizon memiliki lebih banyak karakter yang dipernkenalkan.

 

Eternal Death VS Respawn

Inilah salah satu perbedaan konsep yang memiliki pengaruh besar dalam membangun suasana cerita. SAO memiliki konsep ‘kematian’ dimana karakter yang mati dalam game maka orang tersebut akan mati juga dalam dunia nyata. Dengan konsep ini, SAO beberapa kali memperlihatkan ketakutan dan juga tindakan dari para karakter menjelang kematiannya.

Berbeda dengan Log Horizon, serial anime ini menganut konsep ‘respawn’ yang berarti karakter yang mati akan kembali hidup di kota yang terakhir mereka kunjungi. Ini membuat para karakternya tidak terlalu takut dalam melawan monster dan memberi fokus lebih kepada proses leveling dan skill development dari para karakternya.

 

Meskipun SAO dan Log Horizon memiliki konsep latar cerita dan juga premis yang mirip namun beberapa perbedaan membuat kedua anime ini memiliki kemasan dan rasa yang berbeda. Keduanya sama-sama menarik dengan warna dan sentuhannya masing-masing.

 

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

2 Comments

  1. MaximoJuicy June 23, 2018

    I often visit your page and have noticed that you don’t update it
    often. More frequent updates will give your site higher
    rank & authority in google. I know that writing content takes a lot
    of time, but you can always help yourself with miftolo’s tools which will shorten the time of creating an article to
    a couple of seconds.

  2. furtdso linopv September 23, 2018

    I’m not certain the place you’re getting your info, however good topic. I must spend some time finding out more or understanding more. Thank you for great information I used to be on the lookout for this information for my mission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.