Press "Enter" to skip to content

The Hidden Fortress, Film Klasik Jepang Sumber Inspirasi Star Wars

Star Wars merupakan salah satu film frenchise paling sukses didunia. Semenjak perilisan film terbarunya yang berjudul Star Wars : The Force Awakens, film Star Wars terus memecahkan rekor dalam box office Hollywood.

Namun, pernah terbayangkankah darimana sumber ide film fiksi ilmiah yang satu ini berasal. George Lucas, sutradara pertama film Star Wars pernah bercerita bahwa salah satu sumber ide dalam film Star Wars adalah dari film The Hidden Fortress karya Akira Kurosawa.

The Hidden Fortress adalah sebuah film klasik Jepang mengenai samurai yang dirilis pada tahun 1958.

Akira Kurosawa (foto : fadeinonline)
Akira Kurosawa (foto : fadeinonline)

“Salah satu yang melekat di saya mengenai film The Hidden Fortress adalah ceritanya diperlihatkan dari sudut pandang dua karakter terbawah. Saya putuskan bahwa itu adalah hal yang menarik untuk memperlihatkan Star Wars seperti yang dilakukan oleh Kurosawa. Dalam Star Wars ceritanya diperlihatkan dari sudut pandang kedua robot/droid yang ada,” ujar George Lucas pada tahun 2001.

Akira Kurosawa merupakan seorang sutradara besar. Ia pernah membuat dunia film terkagum dengan karyanya yang berjudul Rashomon. Sebuah film bergenre drama-kriminal yang kemudian memenangkan hadiah utama dalam Venice Film Festival pada tahun 1951.

Salah satu sutradara terkenal yakni Martin Scorsese juga mengagumi Kurosawa. Pada tahun 2009, Martin pernah berkomentar, “Jika dikatakan dengan sederhana, Kurosawa adalah guru saya.”

Martin Scorsese merupakan sutradara dari film The Wolf of Wallstreet, The Departed, Goodfellas, dan masih banyak lagi.

Banyak sutradara yang tidak hanya belajar dari Kurosawa tapi bahkan juga membuat ulang film Kurosawa. Film The Seven Samurai karya Kurosawa yang dirilis pada tahun 1954 dibuat ulang oleh John Sturges pada tahun 1960 menjadi The Magnificent Seven.

Kemudian film Yojimbo yang dirilis pada tahun 1961 dibuat ulang oleh Sergio Leone dalam film A Fistful of Dollars yang dirilis pada tahun 1964. Dan diantara semua film Kurosawa, The Hidden Fortress lah yang menarik perhatian George Lucas.

George Lucas (foto : theguardian)
George Lucas (foto : theguardian)

Dalam film The Hidden Fortress milik Kurosawa, perang sipil terjadi pada tahun abad 16 di Jepang dengan dua tokoh utama yakni dua orang petani yang lusuh. Dua petani tersebut adalah Tahei yang diperankan Minoru Chiaki dan Mataschichi yang diperankan oleh Kamatari Fujiwara.

Sama seperti para droid/robot dalam film Star Wars, kedua petani ini sering terlibat percekcokan, kemudian mereka berpisah, dan kemudian mereka bersatu kembali.

Dua petani tersebut juga sempat memiliki misi untuk membantu seorang jendral yakni Toshiro Mifune untuk membawa Puteri Uki ke tanah kelahirannya. Mirip dengan cerita dalam Star Wars dimana para droid membantu Ben Kenobi dalam membawa Putri Leia ke markas.

Kemiripan juga terdapat saat Ratu Amidala menyamar dalam film Star Wars : The Phantom Manace, kemudian dalam film The Hidden Fortress, Putri Uki juga menyamar agar bisa melewati daerah musuh.

Namun meskipun banyak inspirasi yang diambil dari film The Hidden Fortress, inovasi dalam film Star Wars lah yang membuat film produksi Disney ini begitu digemari oleh para pecinta film.

 

Sumber : Nicholas Barber / BBC

 

 

 

 


EDITORIAL TEAM


 

 

 

Facebook Comments

One Comment

  1. furtdso linopv September 24, 2018

    Woah! I’m really enjoying the template/theme of this blog. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s very difficult to get that “perfect balance” between superb usability and visual appeal. I must say that you’ve done a great job with this. In addition, the blog loads very fast for me on Internet explorer. Exceptional Blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.