Press "Enter" to skip to content

The Young Messiah, Keajaiban Yang Datar

 

The Young Messiah adalah sebuah film drama keluarga yang bercerita tentang kehidupan masa kecil Yesus Kristus saat ia masih berumur 7 tahun. Pada saat itu ia harus pergi meninggalkan mesir dan kembali ke Nazareth karena dituduh sebagai pembunuh.

Dalam umurnya yang masih tujuh tahun, sama seperti anak pada umumnya, Yesus dalam film ini digambarkan sebagai seorang anak yang memiliki banyak pertanyaan kepada orang tuanya, Yusuf dan Maria. Bukanlah hal-hal umum standar yang ia tanyakan, melainkan pertanyaan-pertanyaan tentang hidup dan tentang eksistensi dirinya.

Cerita film The Young Messiah ini juga berputar tentang bagaimana upaya Yesus saat masih kecil berusaha untuk mengenali dirinya sendiri melalui berbagai hal yang ia lihat yang membuat ia memiliki banyak pertanyaan.

Dalam film ini juga diperlihatkan beberapa kali Yesus saat masih kecil melakukan berbagai keajaiban seperti menghidupkan burung yang mati, menghidupkan orang mati, juga menyembuhkan orang buta.

Sayangnya pada masa itu, masyarakat hidup dibawah ketakutan terhadap pemerintah Romawi. Masyarakat sekitar diluar keluarganya banyak juga yang menganggap bahwa keajaiban yang diberikan Yesus bisa saja berupa kutukan.

Film The Young Messiah dimulai dengan penampakan Yesus yang sedang bermain bersama sepupu perempuannya. Mereka kemudian diganggu oleh seorang anak lainnya, namun anak tersebut kemudian meninggal saat akan mengganggu sepupu Yesus gara-gara tersandung.

Yesus kemudian dituduh sebagai pembunuh dan ia bersembunyi dirumahnya. Saat bersembunyi dirumah diam-diam ia pergi melihat mayat anak yang mengganggunya tersebut, saat disentuh anak tersebut kemudian hidup kembali. Beberapa orang menganggap itu adalah sebuah kutukan dan meminta Yesus bersama keluarga pergi meninggalkan Mesir.

the young messiah. sumber : breitbart.com
the young messiah. sumber : breitbart.com

Dalam perjalanan meninggalkan Mesir dan kembali ke Nazareth, Yesus memiliki banyak pertanyaan mengenai keajaiban yang dimunculkan dirinya. Film ini memperlihatkan sisi lain Yesus yang selama ini lebih dikenal dalam film The Passion of The Christ. Yesus dalam sisi anak-anak dan juga sifat anak-anak yang film ini munculkan membuat tokohnya terasa lebih dekat dengan kesan yang berbeda dan ceritanya juga lebih baru.

Namun sayang, film The Young Messiah ini sebenarnya mampu dikemas dengan lebih baik lagi. Banyak keajaiban yang muncul dalam film ini, namun semuanya terasa datar dan tidak wah. Kemudian saat keajaiban terjadi ada beberapa efek cahaya terang yang muncul di layar, sayangnya sangat terlihat kalau itu adalah CG dengan editan yang kasar dan tidak terlihat natural.

Kemudian sosok iblis yang muncul dalam film ini juga seolah ga berguna. Setiap muncul ia hanya bisik-bisik dan melihat dengan mata tajam ala tokoh antagonis di sinetron. Eksplorasi terhadap cerita dan karakter juga kurang dalam serta kurangnya emosi yang dihadirkan oleh cerita film ini.

Sangat disayangkan, sebuah film yang bercerita tentang keajaiban tapi kurang sentuhan ajaib dalam pelaksanaannya. Keajaiban akan selalu memberikan efek emosional, tapi itu tidak ada dalam film ini. Namun disisi lain film ini juga mampu memberikan cerita dan sosok baru dari Yesus dalam dunia film.

Namun untungnya film ini dirilis bertepatan dengan libur panjang menjelang Paskah. Tentu bagi keluarga yang sedang jalan-jalan ke mall akan tertarik untuk nonton film ini. Lagi pula film yang memiliki unsur moral ataupun reliji memang selalu ada pasar apalagi dekat hari raya.

Film The Young Messiah diperankan oleh Adam Greaves Neal sebagai Yesus, Sean Bean sebagai Saverus, Vincent Walsh sebagai Yusuf, dan Sara Lazarro sebagai Maria. Film ini disutradarai oleh Cyrus Nowrasteh.

 

Our Score (6/10)

 

Judul                     : The Young Messiah
Produksi              : 1492 Pictures dan CJ Entertainment
Produser              : Michael Barnathan dan Chris Columbus
Sutradara            : Cyrus Nowrasteh
Pemain                 : Adam Greaves-Neal, Sean Bean, Vincent Walsh, dan Sara Lazarro

 


Oleh : Putu Radar Bahurekso
t : @puturadar | ig : putu.radar


 

Facebook Comments

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.